Mengintip Poveglia, Pulau Hantu Yang Segera Dijual Italia

Gambar

 

 

 

Centroone.com – Pemerintah Italia tengah rajin menjual aset negara. Setelah sebelumnya dilaporkan beberapa mobil dinas mewah dilelang di Ebay, bulan Mei mendatang pemerintah Italia bakal menjual beberapa pulau serta bangunan bersejarah, dalam rangka mengurangi utang negara.

Salah satu dari pulau yang akan dijual adalah Poveglia. Pulau kecil tidak berpenghuni ini terletak di laguna venice. Berjarak hanya beberapa menit dari Taman St Mark, luas pulau ini hanya 68 meter persegi. Namun terdapat kastil dan biara di dalamnya. Telegraph menuliskan pulau ini pernah diperebutkan oleh Venesia dan Genoa.

Pulau kecil ini memang tidak berpenghuni, namun beberapa laporan menyebutkan pulau ini dihuni banyak hantu dan bahkan mendapat julukan Pulau Hantu. Poveglia merupakan tempat karantina saat wabah Bubonic terjadi di era abad 16. Ribuan orang mati dan ratusan orang yang mengidap penyakit itu dibawa ke Poveglia untuk dibakar atau dikarantina sampai mati. 100 ribu orang diperkirakan tewas menggenaskan di Poveglia.

Cerita seram tidak berhenti disitu. Ratusan tahun setelah itu, Poveglia justru menjadi rumah sakit bagi para pengidap kelainan mental atau sakit jiwa. Dokter rumah sakit itu, dikisahkan dalam sejarah, bukannya menyembuhkan tapi malah menyiksa para pasiennya dan melakukan pembedahan yang tidak diperlukan. Dokter itu juga dilaporkan menjadi gila dan bunuh diri dari menara rumah sakit.

Pemerintah Italia sendiri berharap cerita seram itu tidak mempengaruhi para calon pembeli. Bahkan pemerintah Italia berharap Poveglia bisa berubah menjadi pulau indah. “Poveglia diharapkan laku dan hasilnya bisa mengurangi tumpukan utang negara.Pemerintah Italia berharap pembeli pulau ini bisa mengubah rumah sakit berhantu itu menjadi hotel mewah” demikian seperti dilaporkan Hufftington Post, Minggu, 20 April 2014.

Pemerintah Italia tidak sepenuhnya menjual Poveglia. Mereka hanya memberikan izin renovasi properti dan sewa kepada pembeli selama 99 tahun. Pulau itu akan tetap menjadi milik negara. Pemerintah juga akan menjual biara tua di Taranto, Puglia; dan puri abad ke-15 di Gradisca d’Isonzo.

editor:YL.antamaputra

[[http://www.centroone.com/lifestyle/2014/04/1y/mengintip-poveglia-pulau-hantu-yang-segera-dijual-italia/]] 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s