Apa Yang Dimaksud Dengan Retina Display?

Berbarengan dengan dikenalkannya iPhone 4, Steve Jobs juga menjelaskan bahwa device tersebut nantinya bakal dilengkapi dengan apa yang Apple sebut sebagai Retina Display. 

Namun apakah yang dimaksud dengan Retina Display dan apa keuntungan dari fitur tersebut yang bisa diambil oleh pengguna iPhone langsing ini? Mudahnya begini, Apple menggambarkan Retina Display sebagai layar LCD yang mampu menyeburkan densitas pixel super tinggi dengan menekan resolusi 960×640 pixel ke dalam layar berdimensi 3.5 inci atau memiliki dinsitas pixel 326 pixel per inci (ppi). 

Retina Display memiliki jumlah pixel 4 kali lebih banyak ketimbang versi iPhone sebelumnya dalam ukuran layar yang sama. Jadi mudah dibayangkan bagaimana hasil gambar di layar iPhone 4 jika dibandingkan iPhone 3GS yang memiliki layar 163 ppi dengan resolusi 480×320 pixel. Sangat jauh berbeda. 

Saat berbicara mengenai display baru ini, Steve Jobs menjelaskan detail beberapa poin individual pixel yang sulit dibedakan oleh mata manusia. Menurut CEO Apple dimaksud, “nomer ajaib” ini berada di kisaran angka 330 ppi. Tak ayal layar iPhone terbaru yang mengusung tampilan 326 pixel per inci tampak sangat jelas dengan gambar yang detail dan halus. 

Retina Display kreasi Apple juga menjanjikan contrast ratio yang cukup signifikan. Perusahaan ini mengklaim bahwa iPhone 4 memiliki contrast ratio empat kali lebih tinggi dibandingkan versi iPhone pendahulunya. Sementara layar backlit LED berukuran 3.5 incinya juga mengadopsi teknologi In-Plane Switching (IPS) untuk meningkatkan sudut penglihatan dan menambah display warna. 

Apple bukanlah pabrikan pertama yang menerapkan layar beresolusi super tinggi pada sebuah ponsel pintar. Google Nexus One misalnya, yang memiliki fitur layar OLED dengan resolusi 800×480 pixel. Namun sayangnya smartphone tersebut banyak menerima kritikan yang dilontakan oleh pengamat teknologi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s