Taman Sota, Cinta Indonesia di Perbatasan RI dan Papua Nugini

Tugu Sabang-Merauke yang bertuliskan koordinat bumi perbatasan Indonesia

Tugu Sabang-Merauke yang bertuliskan koordinat bumi perbatasan Indonesia

Sebagaian provinsi di negara Indonesia, mimiliki letak yang berbatasan langsung dengan negara lain. Taman Sota di Merauke, Papua menjadi akhir daerah Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara Papua Nugini.

Taman Sota, sebenarnya tak ada yang istimewa dari nama ini. Tapi, makna dan fungsi taman di kawasan Taman Nasional Wasur ini, sangatlah berpengaruh atas bangsa Indonesia.

Mengutip situs Cloud Papua, Senin (11/6/2012), Taman Sota terletak di Kabupaten Merauke, Papua. Merauke merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan negara Papua New Guinea. Untuk menandakan perbatasan ini dibangunlah sebuah tugu sebagai simbol perbatasan.

Selain alamnya yang super cantik dan keren, Papua juga punya pesona lain yang bisa dtunjukkan kepada wisatawan. Bila Anda berkesempatan menjelajah Papua, jangan lupa untuk singgah ke Merauke!

Di kota paling timur Indonesia ini terdapat Taman Sota. Di sinilah daerah Indonesia berakhir. Taman Sota, menjadi batas akhir negara Indonesia di sebelah timur.

Ya, taman ini menjadi pembatas antara Indonesia dengan Papua Nugini. Sebuah taman bunga yang tidak terlalu besar dan sederhana, tapi terlihat cantik nan rapih. Di taman inilah terpatri sebuah tugu bernama Tugu Sabang-Merauke sebagai simbol perbatasan.

Tugu perbatasan ini berbentuk seperti balok yang menuncap ke permukaan tanah. Selain itu, tertulis titik kordinat bumi perbatasan Indonesia.

Setiap harinya, Infateri TNI selalu daerah perbatasan ini. Taman ini juga menjadi destinasi wajib wisatawan yang bertandang ke negeri burung cenderawasih ini.

Corak dan nuansa Indonesia terasa kental di taman ini. Di depan sebuah tiang bendera yterdapat papan bertuliskan “Bahasa Indonesia Penjaga Persatuan dan Kesatuan NKRI”, batu berwarna merah putih yang bertuliskan “Aku Cinta Indonesia, Izakod Bekai Izakod Kai”, serta gapura berhiaskan lambang Indonesia, Garuda menghiasi Taman Sota. Ya, di setiap sudut taman dipenuhi suasana cinta Indonesia.

Selain itu, bangunan bergaya etnis Papua yang akrab dengan atap ilalangnya juga terlihat ini di sini. Setidaknya meski mini, Taman Sota tetap sedap di pandang. Tulisan “Good Bye and See You Another Day” di gapura yang menjadi “pintu gerbang” antara Papua dan Papua Nugini, menambah suasana ramah di tempat ini.

Di sekitar taman ini, juga terdapat perkampungan penduduk. Mereka juga ramah terhadap pelancong. Hidup di ribuan kilometer, daerah di sekitar Taman Sota tetap menjaga kebudayaan dan corak aslinya.

Penasaran dengan Taman Sota? Jangan lupa datang dan bermain-main di Taman Sota, Papua.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s