The Jurror

Film The Jurror, Gambaran Mafia Peradilan Dengan Modus Gaya Kekerasan

Film The Jurror, adalah Film yang dirilis pada tanggal 2 Februari 1996, berdasarkan novel karya George Dawes Green, disutradarai oleh Brian Gibson dan dibintangi Demi Moore sebagai Annie Laird, bereperan sebagai seorang ibu tunggal memilih untuk bertugas sebagai juri untuk mafia pengadilan. Film The Jurror, hanya salah satu film memberikan gambaran sisi gelap dunia peradilan, sebagaimana diketahui di belahan dunia, termasuk Indonesia, memang tak pernah sepi, selalu ramai dengan berita tentang seputar mafia mulai dari mafia kasus, mafia tender, mafia narkoba sampai mafia hukum yang mencakup mafia kasus dan mafia peradilan, dimana banyak pihak terlibat disini dari penegak hukumnya itu sendiri baik jaksa, polisi, hakim, pengacara dan penjahatnya.
Mafia
Kata Mafia bukan lagi terminologi asing di dunia modern. Setidaknya dunia mengenal mafia dari film-film Hongkong. Wilayah yang masuk ke dalam negara China ini mempunyai barisan rapi mafia lokal, Triad. Meski lokal, wilayah operasinya bisa mencapai luar batas wilayah negaranya. Produknya pun beragam. Kemudian ada Jepang yang memiliki jaringan penjahat bertato, Yakuza. Modus dan produk kejahatannya pun setali tiga uang dengan Triad Hongkong. Selain menguasai dunia bawah tanah, Yakuza dan Triad juga menguasai pemerintahan melalui suap dan korupsi. Tetapi diantara semua mafia, yang paling terkenal dan rapi jaringannya adalah Mafia Italia. Para Don ini tersebar mulai dari wilayahnya Sicillia di Italia, sampai New York di Amerika Serikat. Don-don yang di film-film digambarkan bertubuh tambun dan menghisap cerutu ini menguasai usaha ilegal dan semi ilegal dari hulu ke hilir, dari pra produksi sampai pemasaran, dari narkoba sampai real estate. Belum lagi mafia (kartel) obat bius khas Amerika Selatan, seperti Pablo Escobar dari Kolombia yang menguasai jaringan obat bius di seluruh dunia. Itu yang kelas kakap. Yang kelas teri sampai kecebong jumlahnya tentu lebih banyak.
Berdasarkan penelitian dari beberapa negara maju, Ada 10 (sepuluh) kelompok mafia yang dikenal sangat berpengaruh di dunia, yakni, sebagai berikut :

Pertama, Mafia Rusia, berasal dari Uni Soviet dan sekarang memiliki pengaruh di seluruh dunia. Hal ini antara 100.000 hingga 500.000 anggota. Mereka yang terlibat dalam kejahatan terorganisir di negara-negara seperti Israel, Hungaria, Spanyol, Kanada, Inggris, Amerika Serikat, Rusia, dll Mereka juga berimigrasi ke Israel, Amerika, dan Jerman dengan menggunakan identitas Yahudi dan Jerman. Kegiatan mereka termasuk obat-obatan dan perdagangan senjata api, pengeboman, penyelundupan, pornografi, penipuan internet, dll Salah satu aturan mereka adalah untuk tidak pernah bekerja sama dengan pihak berwenang. Jika salah satu anggota buka mulut ketika tertangkap, mereka akan dibunuh.

Kedua, Mafia Sisilia dan Amerika Cosa Nostra, Sisilia dan Amerika Cosa Nostra adalah kelompok yang relatif baru. Kelompok ini baru muncul pertengahan abad kesembilan belas di Italia. Terlepas dari itu menjadi mafia muda, ia memiliki kemampuan luar biasa untuk merencanakan kejahatan besar. Mereka terlibat dalam narkoba dan perdagangan senjata. Mereka memiliki jumlah anggota kecil berkisar 3.500-4.000. Seorang anggota harus menjalani upacara perkenalan di mana dia harus membunuh seseorang untuk membuktikan kemampuannya.

Ketiga, Mafia Kartel Narkoba Kolombia, Kartel Narkoba Kolombia dibentuk untuk mengendalikan dan perdagangan narkoba. Mereka beroperasi di banyak negara. Mereka memiliki banyak organisasi yang berhubungan dengan politik, militer dan aspek hukum kartel. Kartel yang penting dari Columbia adalah Kartel Cali, Medellin Cartel dan Kartel Valle del Norte.. Mereka juga telah terlibat dalam banyak penculikan dan terorisme.

Keempat, Mafia Cina Triad, Triad Cina terdiri dari banyak organisasi kejahatan yang berbasis di Daratan Cina, Malaysia, Hong Kong, Taiwan, Singapura, dll .Mereka juga sangat aktif di New York, Los Angeles, Seattle, Vancouver dan juga San Francisco. Kejahatan terorganisir mereka melibatkan pencurian, kontrak pembunuhan, perdagangan narkoba, pemerasan, dan pembajakan. Mafia ini berdiri pada abad ke-18 yang awalnya disebut Tian Di Hui . Triad memiliki 50 sampai lebih dari 30.000 anggota. Mereka juga terlibat dalam pemalsuan mata uang Cina.

Kelima, Mafia Yakuza Jepang, Yakuza Jepang tidak segan-segan menggunakan kekerasaan dan ancaman untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.Kelompok ini mulai ada sejak abad ke-17. Kelompok mafia ini mempunyai ciri khas yaitu badan yang penuh tatoo.Sampai sekarang sudah memiliki 110.000 anggota aktif di grup ini yang dari keluarga 2500. Kegiatan mereka meliputi perdagangan gadis sek dari Eropa dan Amerika, prostitusi dan penyelundupan manusia secara illegal.

Keenam, Mafia Meksiko, Mafia Meksiko merupakan geng penjara terkuat di Amerika Serikat. Itu dimulai pada akhir tahun 1950-an untuk melindungi tahanan terhadap narapidana lain dan dari para petugas. Geng ini juga telah terlibat dalam pemerasan dan perdagangan narkoba. Mereka memiliki sekitar 30.000 anggota di seluruh Amerika Serikat. Mereka memiliki 150 anggota geng di penjara yang memiliki wewenang untuk memberi perintah pembunuhan dan 2000 rekan mereka siap untuk menjalankan perintah ini. Mereka memaksa geng dan dealer untuk membayar pajak perlindungan dan mereka yang menolak akan dibunuh.

Ketujuh, Mafia Israel, Mafia Israel beroperasi di banyak negara dalam kegiatan seperti narkotika, perdagangan narkoba dan prostitusi. Dulu mereka sangat dikagumi namun seiring pekembangan waktu kegiatan mereka semakin tidak terkontrol dan sering melakukan pembunuhan. Banyak anggota mafia Israel kini telah telah menyusup dan terjun dalam politik di Amerika.

Kedelapan, Mafia Serbia, beroperasi di lebih dari sepuluh negara termasuk Jerman, Amerika Serikat, Inggris, Perancis, dll Mereka yang terlibat dalam berbagai kegiatan seperti perdagangan narkoba, penyelundupan, pembunuh bayaran, perjudian dan pencurian gen. Memiliki tiga kelompok besar yaitu Vozdovac, Surcin dan Zemun yang mengendalikan kelompok-kelompok kecil. Saat ini ada sekitar 30-40 kelompok yang bekerja di Serbia.

Kesembilan, Mafia Albania, terdiri dari sejumlah besar organisasi kejahatan yang berbasis di Albania. Mereka aktif di Amerika Serikat dan negara-negara Eropa. Mafia ini mulai berkembang dan menyebar ke negara lain pada tahun 1980-an. Di Amerika Serikat dan Inggris, mereka menjalankan bisnis seks dan perdagangan narkoba .Mereka dikenal tidak segan-segan menggunakan kekerasan untuk membalas dendam.

Kesepuluh, Mafia Jamaika-Yardies Inggris, adalah terdiri orang-orang Jamaika yang berimigrasi ke Inggris tahun1950-an. Mereka terlibat dalam geng dan lebih dikenal sebagai Yardies. Mereka melakukan kejahatan terorganisir seperti perdagangan narkoba dan kejahatan bersenjata. Sayangnya kelompok mereka kurang terorganisasi sehingga kelompok ini tidak terlalu ditakuti seperti kelompok mafia lainnya.
Para mafia ini, apapun jenis usaha dan kebangsaannya, terikat dalam satu klan. Kelompok satu dengan yang lain terikat dalam satu ikatan kesamaan nasib. Mereka berorganisasi, mengelola setiap inti usahanya agar lebih menghasilkan. Kelompok-kelompok kecil bergabung menjadi satu kelompok besar, dan kelompok besar bergabung menjadi kelompok yang lebih besar. Selain mengamankan wilayah kekuasaan, mereka terutama melindungi diri dan kelompoknya dari gangguan klan lainnya. Persaingan a la rimba raya, yang terkuat yang menang, menjadi daya tarik utama terbentuknya sebuah klan. Dalam setiap pertempuran antar klan, seringkali pihak yang kalah bergabung dengan klan yang menang. Sehingga dengan demikian, klan tersebut menjadi lebih kuat dan disegani. Selain itu, bersatunya kelompok mafia dalam klan semakin mempersempit peluang hukum untuk mengungkapnya.

Yang menarik dari klan-klan mafia ini adalah adanya demokrasi, adanya perdebatan menarik tentang banyak hal yang menyangkut kelangsungan hajat hidup kelompoknya. Di dalam film-film tentang mafia, jarang sekali di temukan adanya gambaran pengambilan keputusan sepihak. Semua masalah dikomunikasikan, dibicarakan dengan sesama anggota klan. Sepanjang itu menyangkut kepentingan klan, perdebatan sampai bagian terkasarnya pun tak menimbulkan dendam, kecuali jika salah satu anggota klan berkhianat, maka bisa dipastikan karir bernafasnya selesai di bumi. Setiap anggota klan juga punya kode etik tertentu yang mewajibkan mereka saling menghormati anggota klan yang lain.
http://dimaswahyu.blogspot.com/2010/08/blog-post.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s